TEAMWORK YANG SUKSES
Selain keahlian yang harus
dimiliki oleh teamwork, peranan penting juga harus terbentuk pada masing-masing
orang untuk menciptakan teamwork yang baik dan benar. Peran penting berjalan
dengan baik bilamana masing-masing orang mengerti akan tugas dan tanggung jawab
mereka.
Tidak hanya keahlian yang harus
dimiliki , tetapi peranan penting yang merupakan kunci untuk menjalankan
keahlian perlu diterapkan. Peran penting
agar sebuah teamwork mencapai keberhasilan mencakup antara lain :
1.Kemampuan memberikan pandangan
, inspirasi atau ide kedepan , dengan catatan bahwa mereka siap untuk ditantang
atas pandangan yang mereka miliki. Biasanya mereka telah mempersiapkan pola
yang benar-benar teruji dan mengajukan pola tersebut melalui diskusi bersama
dan berusaha mencapai kesepakatan agar tujuan dapat tercapai.
2.Displin diri yang kuat yang
akan mempengaruhi kedisplinan team. Kedisplinan diri membentuk karakter yang
dewasa dan lebih percaya diri untuk mengulas tentang pandangan yang mereka
miliki. Pandangan yang telah mereka miliki akan
menjelaskan tujuan dengan jelas.
3.Ide-ide murni atau asli yang muncul dalam teamwork , bisa dijadikan
sebagai referensi berharga, karena ide-ide murni terkadang bisa lebih kreatif
atau imaginatif. Ide-ide murni seringkali merupakan benih atau wawasan yang baru yang bisa
memberikan perubahan besar yang harus diperhatikan secara seksama.
4.Pencari sumber informasi yang
kuat dapat memberikan informasi yang penting dalam pengambilan keputusan
penting yang bisa berasal dari luar atau dalam.
5.Orang yang mau bekerja keras
dalam menjalankan ide-ide yang telah mereka peroleh dan mengubah menjadi yang
terbaik untuk mencapai tujuan perusahaan. Tetapi terkadang kelemahan yang
mereka miliki adalah fleksibilitas , sehingga memaksa diri mereka harus
menyesuaikan diri secepatnya atau tidak terlalu kaku.
6.Orang yang berupaya mendukung
orang lain, mencoba menjaga kerukunan
peserta tim dan menghindari segala konflik. Orang –orang yang bisa bekerja
dengan orang lain sangat dibutuhkan , apabila kondisi tim tidak terlalu baik
atau terjadi perselisihan atau masa-masa sulit.
7.Orang-orang yang berdedikasi
tinggi, memiliki pengetahuan dan ketrampilan.
8.Kemampuan untuk menyusun
strategi yang tepat serta bisa menilai situasi dengan akurat. Mereka melakukan
monitor untuk memberikan jalan keluar. Sisi kelemahan adalah mereka orang yang
kritis dan sering memaksakan inspirasi yang ada yang akan menyebabkan
ketegangan. Hal ini perlu diperhatikan.
No comments:
Post a Comment