Wednesday, July 3, 2013

TEAMWORK YANG SUKSES

 TEAMWORK YANG SUKSES 

Selain keahlian yang harus dimiliki oleh teamwork, peranan penting juga harus terbentuk pada masing-masing orang untuk menciptakan teamwork yang baik dan benar. Peran penting berjalan dengan baik bilamana masing-masing orang mengerti akan tugas dan tanggung jawab mereka.

Tidak hanya keahlian yang harus dimiliki , tetapi peranan penting yang merupakan kunci untuk menjalankan keahlian perlu diterapkan. Peran penting  agar sebuah teamwork mencapai keberhasilan  mencakup antara lain :

1.Kemampuan memberikan pandangan , inspirasi atau ide kedepan , dengan catatan bahwa mereka siap untuk ditantang atas pandangan yang mereka miliki. Biasanya mereka telah mempersiapkan pola yang benar-benar teruji dan mengajukan pola tersebut melalui diskusi bersama dan berusaha mencapai kesepakatan agar tujuan dapat tercapai.

2.Displin diri yang kuat yang akan mempengaruhi kedisplinan team. Kedisplinan diri membentuk karakter yang dewasa dan lebih percaya diri untuk mengulas tentang pandangan yang mereka miliki. Pandangan yang telah mereka miliki akan  menjelaskan tujuan dengan jelas.

3.Ide-ide murni atau asli  yang muncul dalam teamwork , bisa dijadikan sebagai referensi berharga, karena ide-ide murni terkadang bisa lebih kreatif atau imaginatif. Ide-ide murni seringkali merupakan  benih atau wawasan yang baru yang bisa memberikan perubahan besar yang harus diperhatikan secara seksama.

4.Pencari sumber informasi yang kuat dapat memberikan informasi yang penting dalam pengambilan keputusan penting yang bisa berasal dari luar atau dalam.

5.Orang yang mau bekerja keras dalam menjalankan ide-ide yang telah mereka peroleh dan mengubah menjadi yang terbaik untuk mencapai tujuan perusahaan. Tetapi terkadang kelemahan yang mereka miliki adalah fleksibilitas , sehingga memaksa diri mereka harus menyesuaikan diri secepatnya atau tidak terlalu kaku.

6.Orang yang berupaya mendukung orang lain,  mencoba menjaga kerukunan peserta tim dan menghindari segala konflik. Orang –orang yang bisa bekerja dengan orang lain sangat dibutuhkan , apabila kondisi tim tidak terlalu baik atau terjadi perselisihan atau masa-masa sulit.

7.Orang-orang yang berdedikasi tinggi, memiliki pengetahuan dan ketrampilan.

8.Kemampuan untuk menyusun strategi yang tepat serta bisa menilai situasi dengan akurat. Mereka melakukan monitor untuk memberikan jalan keluar. Sisi kelemahan adalah mereka orang yang kritis dan sering memaksakan inspirasi yang ada yang akan menyebabkan ketegangan. Hal ini perlu diperhatikan.



No comments:

Post a Comment