Thursday, July 4, 2013

KOMPONEN PENTING SEBUAH TEAMWORK

KOMPONEN PENTING SEBUAH TEAMWORK 

Teamwork yang baik dan efektif merupakan bagian terpenting untuk  keberhasilan dalam sebuah kegiatan organisasi, usaha atau pekerjaan. Teamwork juga bisa dikatakan berhasil dengan baik, jika didalam teamwork terdapat orang yang bisa diandalkan atau sesuai  atau tepat , tetapi jika dalam teamwork tidak terdapat orang yang ahli atau sesuai atau tepat, maka teamwork akan hancur dan tidak akan mencapai tujuan.

Oleh sebab itu teamwork yang dibangun , harus memiliki beberapa bagian penting atau komponen penting yaitu :

1. Kesempatan dan tantangan yang selalu tersedia, karir atau promosi yang tersedia bagi yang melakukan apa yang telah diarahkan dengan baik. Mereka butuh kepastian untuk  tujuan jangka panjang.

2. Feedback atau umpan balik yang positif, agar anggota dapat mengukur kemampuan yang mereka miliki. Umpan balik yang konsisten akan membuat anggota melakukan pekerjaan besar. Tanpa umpan balik, anggota akan bingung, takut atau kecewa , tidak memiliki harapan atau tidak akan bertahan.

3. Budaya perusahaan yang positif . Anggota yang direkrut dalam kondisi perusahaan yang menyediakan lingkungan kerja yang menantang dan kreatif serta memiliki kesempatan yang terbuka lebar. Rincian pekerjaan yang jelas dan apabila ada anggota yang tidak memahami,  perlu diarahkan dan didukung oleh pemimpin mereka.

4. Pengakuan itu sangat penting, pengakuan akan prestasi kerja yang mereka lakukan. Sekalipun bukan karyawan terbaik perusahaan, tetapi mereka telah bekerja dengan ekstra keras , perlu diberikan perhatian lebih. Jangan memberikan penilaian atau pengakuan negatif karena akan menjatuhkan semangat  mereka , yang pada akhirnya akan timbul kebosanan  atau kejenuhan yang justru akan menyebabkan tidak efektif.


Masih banyak komponen yang harus dimiliki teamwork yang akan dibahas pada blog-blog berikutnya.

No comments:

Post a Comment