Tuesday, June 11, 2013

BEBERAPA ANALISA DIRI TENTANG KEMAMPUAN MANAJEMEN KEPEMIMPINAN



Semua orang menginginkan pemimpin yang sempurna dan bisa mengayomi semua orang dalam kegiatan usahanya. Tetapi perlu kita ingat ,bahwa pemimpin adalah manusia yang juga tidak terlepas dari kelemahan dan kekurangan.

Banyak faktor yang terkait dengan kepemimpinan yang tidak pernah disadari oleh seorang pemimpin. Saat seseorang telah menjabat menjadi pemimpin, biasanya mereka langsung bertindak dan mengambil langkah yang dianggap benar. Tetapi ada juga yang bersifat menunggu dan ketika situasi dalam keadaan genting , baru diambil tindakan.

Seorang pemimpin yang bijaksana mau meluangkan waktunya untuk kembali menganalisa, instrospeksi diri atau melihat kembali, apa yang menjadi kelemahan dan kekuatan yang dimiliki untuk dikembangkan. Pemimpin juga harus belajar untuk semuanya itu.

Beberapa analisa mengatakan antara lain  sifat agresif yang tinggi yang dimiliki oleh pemimpin, tetapi tidak melakukan kegiatan yang diperlukan disebabkan karena memiliki pengetahuan yang terbatas. Pemimpin memiliki pengetahuan yang jauh lebih baik akan berusaha selalu belajar ,tetapi terikat dengan rutinitas pekerjaan yang terlalu monoton ,sehingga menurunkan sifat agresif untuk bertindak. Sifat agresif dan kemampuan yang tinggi telah dimiliki , tetapi  terkadang pemimpin lupa diri.


Beberapa analisa diatas bisa dijadikan sebagai masukan untuk memperbaiki diri, agar pemimpin bisa jauh lebih baik  dan bisa menjadi pemenang.

No comments:

Post a Comment