Tuesday, June 25, 2013

KUALITAS KEPEMIMPINAN YANG DAPAT DIANDALKAN

 KUALITAS KEPEMIMPINAN YANG DAPAT DIANDALKAN

Seperti yang telah dibicarakan pada blog terdahulu bahwa kepemimpinan mencakup banyak hal yang harus diperhatikan. Pada blog ini akan diperjelas hal-hal yang mencakup kualitas kepemimpinan yang bisa diandalkan.

Kualitas yang harus dimiliki dalam kepemimpinan mencakup antara lain:

1.Visi
Pandangan jangka panjang dan langkah-langkah yang diambil kearah jangka panjang. Menyusun strategi yang andal untuk mencapai visi jangka panjang. Identifikasi alat yang tepat untuk mencapai jangka panjang.

2.Komitmen
Harus memiliki komitmen yang tinggi dalam menjalankan tugas dan tanggung-jawab. Rendahnya komitmen menjadi cemohan orang atau tidak dihargai. Pemimpin harus tetap menjaga kesehatan tubuh atau stamina diri, semangat dan aktif dalam memotivasi orang lain.

3.Pembuat Keputusan
Mampu membuat keputusan yang tepat , cepat dan benar. Resiko yang besar bisa diminimalisir dengan keputusan yang tepat dan benar. Ketidakmampuan membuat keputusan akan membuat pemimpin menghindar dari keputusan yang akan dibuat dan menjadi seorang pemimpin yang tidak bisa diandalkan.

4.Mengerti Tentang Orang Lain.
Pemimpin harus mengerti latar belakang orang lain dan memotivasi mereka sesuai dengan status atau pendidikan mereka. Opini yang telah dikeluarkan dipertahankan selama sesuai dengan tujuan perusahaan. Pemimpin juga harus memiliki kemampuan mendengar dan mengikuti / mengerti apa yang menjadi keinginan pengikutnya.

5.Membangun tim yang tangguh
Pemimpin mampu mengorganisasi dan menyusun struktur yang baik dalam timnya. Tim harus memegang komitmen yang tinggi untuk tetap menjunjung nama baik tim  dalam mencapai sebuah tujuan bersama.Pemimpin tidak boleh berat sebelah atau pilih kasih ,jika terjadi konflik dalam tim , tetapi harus tetap seimbang, fair, tenang dan  mampu menyelesaikan masalah yang muncul dalam tim.

6.Percaya Diri, Efektif,  dan memiliki loyalitas.
Loyalitas tidak hanya sebatas jabatan dalam kepemimpinan, tetapi juga loyal kepada pengikutnya. Loyalitas menyangkut hubungan dua arah dan saling keterkaitan. Pemimpin diharapkan fokus kepada tujuan dan berusaha mempertahankannya, serta mengadaptasi cara yang digunakan untuk mencapai tujuan secepat mungkin atau sesuai dengan kebutuhan. Pemimpin juga harus mampu memahami kekurangan yang ada dalam dirinya dan selalu berusaha memberi kenyaman bagi pengikutnya. Kemampuan menatap arah depan  dengan kenyataan yang tidak menyenangkan adalah  pemimpin yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

7.Nilai , Integritas, Kompeten dan Kemampuan untuk belajar dan beradaptasi.

Pemimpin harus mengerti dan berpengalaman dalam kegiatan yang ia geluti. Pemimpin yang banyak pengalaman ,tapi tidak mau mengerti orang lain ,akan menimbulkan konflik dan pemimpin tersebut tidak bisa diandalkan dalam pengambilan keputusan. Begitu juga sebaliknya. Pemimpin mengetahui nilai sebuah tim dan selalu berusaha melakukan yang terbaik dan mempertahankannya. Pemimpin juga harus mampu beradaptasi dengan perkembangan yang cepat. Memperoleh ide baru, mendapatkan cara dan metoda menjadi tujuan seorang pemimpin untuk bisa belajar dan beradaptasi. Proses adaptasi tidak hanya sesaat , tetapi berkelanjutan atau berkesinambungan. Pemimpin yang memiliki integritas adalah pemimpin yang memegang teguh apa yang ia ucapkan, bisa dipercaya, tidak menimbulkan konflik, mengerti akan keterbatasannya dan selalu berusaha melakukan yang terbaik , sekalipun mengalami hambatan atau tantangan yang berat.

No comments:

Post a Comment