Friday, June 7, 2013

FAKTOR PENTING BAHWA ANDA LAYAK JADI PEMIMPIN

FAKTOR PENTING BAHWA ANDA LAYAK JADI PEMIMPIN

Jadi seorang pemimpin tidaklah mudah, tetapi seiring berjalan dengan posisi sebagai seorang pemimpin juga belum tentu mudah. Kenapa  ?  Pemimpin bisa diakui dan bisa juga tidak diakui oleh orang lain. Semua ini tergantung bagaimana pemimpin dalam bertindak dan mampu memberikan kesan yang baik kepada orang lain selama menjabat sebagai pemimpin.

Beberapa faktor penting yang bisa dijadikan acuan bagi seorang pemimpin agar bisa diakui sebagai pemimpin yang mampu dan kompeten adalah sebagai berikut :

1.Fokus kepada tugas dan tanggung jawab dengan sebaik mungkin.
Hindari ambisi yang terlalu kuat dalam mengapai tujuan , walaupun diperlukan karena ambisi bisa merusak hubungan jika salah arah.

2.Bersyukurlah kepada posisi yang sedang kita jalani.
Terkadang kita tidak mensyukuri jabatan yang kita jalani . Ini akan mempengaruhi kepribadian kita dalam bertindak dan kita tidak pernah menikmati posisi dan tidak akan pernah sukses.

3.Tetap menjadi pribadi yang terbuka dan menyenangkan.
Pemimpin yang menonjol bisa menimbulkan pandangan positif dan negatif oleh orang lain. Berbeda dengan pemimpin yang tidak terlalu menonjol ,tetapi menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan tenang, baik dan selalu menjadi pribadi yang mudah diajak berkomunikasi atau terbuka serta menyenangkan.

4.Penghargaan dari orang lain diterima dengan pikiran positif.

Penghargaan berupa pujiaan atau promosi bisa menjadikan seorang pemimpin bertahan lebih lama.Tetapi penghargaan yang diterima, tidak menjadikan seorang pemimpin lupa diri, tetapi justru sebagai alat motivasi untuk lebih baik lagi.

No comments:

Post a Comment