Wednesday, June 5, 2013

DATA FINANSIAL SELALU UP TO DATE BAGI PEMIMPIN

DATA FINANSIAL SELALU UP TO DATE BAGI PEMIMPIN

Tidak hanya memberikan perintah atau mendengarkan semua masukan atau memberikan jalan keluar bagi perusahaan yang dilanda krisis, tetapi seorang pemimpin juga harus mengetahui secara jelas tentang data finansial perusahaan.

Data-data finansial diperlukan setiap saat untuk memastikan bahwa semua pos sudah berada pada pos yang benar dan tidak ada pos yang dianggap nganggur atau menjadi pos yang tidak efektif.

Pos – pos ini menyangkut uang kas, bank, persediaan,hutang atau piutang serta modal. Setiap pos harus dianalisa dengan berbagai instrument untuk menjamin ketepatan analisa yang akan dipergunakan oleh pemimpin sebagai data pengambilan keputusan. Begitu juga dengan anggaran biaya diperhitungkan secara pasti dan seksama.

Jika diperlukan perhitungan anggaran biaya dilakukan dua kali untuk memastikan bahwa anggaran biaya sudah tepat. Ini mencegah agar tidak ada anggaran biaya yang membengkak disatu sisi dan disisi lain anggaran biaya terjadi kekurangan. Sebaliknya anggaran biaya yang tidak berimbang segera dikaji ulang dan dibuat perhitungan yang benar.

Data financial yang dibuat sedemikian rupa dipergunakan untuk pengambilan keputusan penting oleh pemimpin  pada saat-saat krisis.


No comments:

Post a Comment